Organizational Skill

by enoxmyth on 14/09/2016

Halo para pembaca sekalian! Pada kesempatan kali ini saya akan berbicara tentang Organizational Skill atau kemampuan berorganisasi.

Menurut saya, salah satu kunci paling penting dalam Organizational Skill adalah Teamwork dan Communication.

Saya sendiri pernah mengikuti beberapa organisasi selama hidup saya. Contohnya pada saat SMA, saya menjadi wakil ketua klub komputer dan secara otomatis menjadi anggota OSIS. Selain itu saya juga pernah menjadi panitia dalam suatu event sekolah saya.

Berdasarkan pengalaman saya, untuk menjadi seorang anggota organisasi yang baik, kita harus bisa menjaga hubungan yang baik antar anggota dan bersikap aktif (contoh : mengungkapkan sebuah ide sebagai pemecahan suatu masalah yang sedang didiskusikan, menawarkan diri untuk mengambil suatu pekerjaan, dan lain sebagainya). Jika kita bisa melakukan dua hal tersebut, kita sudah bisa mendapat Hard Skills dan Soft Skills yang akan sangat dibutuhkan untuk dunia kerja di masa depan.

Layaknya sebuah game, semakin banyak Experience yang kita dapatkan, maka semakin tinggi pula level Skill kita – begitu pula kenyataannya di kehidupan nyata. Untuk mendapatkan Organizational Skills, kita harus mengumpulkan Experience dari kegiatan-kegiatan organisasi.

Beberapa contoh Organizational Skills yang bisa kita dapatkan dari berorganisasi dalam lingkup general adalah kemampuan berkomunikasi, kerja sama, memimpin, tanggung jawab, dan kedisiplinan. Selain itu, Hard Skills yang kita dapatkan tergantung dari jenis organisasi yang kita ikuti. Semua skills yang telah saya sebutkan tadi bersifat esensial untuk kehidupan kita dalam bidang apapun, maka dari itu akan sangat benefisial untuk kita kalau kita aktif dalam organisasi.

Jika kalian bingung mau mengikuti organisasi apa, di Binus terdapat banyak sekali UKM yang dimana kalian bisa mendaftar menjadi aktivisnya. Selain itu ada juga himpunan-himpunan yang juga membuka lowongan sebagai aktivis, dan masih banyak lagi kesempatan untuk mengikuti organisasi. Saya sendiri telah mendaftar sebagai aktivis HIMTI (Himpunan Inti Mahasiswa Teknik Informatika), berniat untuk mendaftar sebagai aktivis Binus Game Development Club, serta mengikuti UKM Teach For Indonesia sebagai anggota. Sangat disayangkan bila kita tidak menggunakan kesempatan ini untuk meraup pengalaman organisasi sebanyak-banyaknya. Salah satu alasannya adalah karena ketika kita sudah lepas dari instansi pendidikan, kita akan susah mencari organisasi. Dari SD hingga kuliah, kita disuguhkan berbagai variasi organisasi dan kita tinggal memilih saja. Use this Golden Chance wisely.

Baiklah, sepertinya sudah cukup saya menuangkan pikiran saya tentang Organizational Skills. Pada post selanjutnya, saya akan membahas tentang Academic Orientation yang baru-baru ini saya selesaikan. Terima kasih telah membaca.

zephania.isadora@binus.ac.id

No comments yet.

Write a comment: